Rabu, 29 Februari 2012

Becek Menthok dan Nasi jagung


Becek Menthok dan Nasi Jagung

Salah satu masakan khasnya disebut becek, dimasak dengan sekitar 14 jenis bumbu/rempah, semacam gule yang sangat pedas. Ada sebuah warung sederhana dengan sajian becek mentok yang istimewa. Sayangnya, warung ini sulit ditemukan karena tempatnya sangat mblusuk-mblusuk di tengah kampung. Ada juga satu warung sederhana dengan hidangan utama kare rajungan super-pedas yang sangat populer (RM Manunggal, Jl. Manunggal Jaya, depan SMAGA).

Bentuk masakan ini memang berupa kuah kental. Becek bisa memakai berbagai jenis daging: sapi, kambing, ayam, atau menthok. Penampilan dan baunya mirip kari, tetapi lebih kental. Ternyata masakan Tuban lebih complicated dan kaya bumbu dibanding masakan India atau Padang. Bumbunya sangat banyak dan harus komplet. Tidak boleh kurang satu pun.
Bumbu becek adalah merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi (bentuknya seperti kayu), daun salam, daun jeruk purut, serai (lemon grass), tomat, santan, dan diakhiri dengan taburan rajangan daun bawang.
Nasi Jagung
Pengaruh Madura membuat sebagian warga Tuban suka makan nasi jagung (campuran beras dan jagung). Lauk yang paling cocok untuk nasi jagung adalah ulas-ulas. Silakan mencicipi ulas-ulas ikan tengiri dan tahu yang puedess-nya minta ampun. Citarasa yang menonjol dari masakan Tuban memang pedas dan asin.
Sate Menthok
Menthok adalah bahasa Jawa untuk menyebut unggas yang mirip itik atau bebek, dengan kaki dan leher yang lebih pendek. Secara keseluruhan rasanya seperti sate kambing. Sama sekali tak ada bau anyir yang mungkin merupakan ciri utama daging menthok. Hal itu disebabkan karena bumbu dan tekstur dagingnya. Sambel kecapnya pun dibuat dari kecap khas Tuban, Cap Laron.

2 komentar:

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

thanks infox menarik gan smg sukses,,,..

http://www.saesalera.com/product/view/38/obat-pemutih-ketiak-dan-selangkangan

Unknown mengatakan...

Mantep.. ingt kampung halaman..

Posting Komentar

Texts

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes