Rabu, 29 Februari 2012

Pemandian Bektiharjo


Pemandian dengan sumber mata air alami yang juga berfungsi sebagai sumber air minum ini terletak sekitar 5 Km dari kota Tuban, tepatnya di desa Bektiharjo. Pemandian ini banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin melewati waktu dengan berenang dan atau hanya sekedar rekreasi keluarga.
Untuk menuju ke pemandia Bektiharjo tidaklah sulit dan bisa diakses dengan menggunakan trasportasi umum. Yang menarik dari pemandian ini adalah, adanya kera-kera di sekitar kolam. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan kera-kera ini karena mereka jinak dan bersahabat.
Di sini terdapat 2 sendang atau kolam pemandian. Sendang Lanang atau kolam khusus laki-laki di bagian utara dan Sedang Wadon atau khusus untuk wanita di sisi selatan. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pemisahan fungsi dua sendang peninggalan Raden Danur Wendo dari kadipaten Tuban itu sejak abad XIII ini, hanya tinggal sebutan. Para pengujung yang datang bisa berenang secara bebas bersama-sama.
Sendang wadon sekarang berubah fungsi menjadi kolam renang dengan standar nasional , pengunjung bebas menggunakan kolam renang ini. Sementara sendang lanang, kini menjadi tempat mandi yang sangat sejuk untuk mereka yang ingin bermain-main di dalam air. Selain kolam renang untuk orang dewasa, pemandian ini juga menyediakan kolam renang untuk anak-anak. Juga terdapat beberapa jenis alat permainan yang bisa dipakai setiap pengunjung.

Salah satu obyek wisata alam di Tuban yang selalu ramai dikunjungi adalah Pemandian Bektiharjo di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Letaknya sekitar 2 km ke arah selatan dari kota.
Di Pemandian Bektiharjo terdapat 2 sendang (kolam) pemandian. Sendang Lanang (pemandian laki-laki) di bagian utara dan Sedang Wadon (pemandian perempuan) di sisi selatan. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pemisahan fungsi dua sendang peninggalan Raden Danur Wendo dari kadipaten Tuban itu (Abad XIII), hanya tinggal sebutan.
Sendang wadon sekarang berubah fungsi menjadi kolam renang dengan standar nasional, pengunjung bebas menggunakan kolam renang ini. Sementara Sendang Lanang, kini menjadi tempat mandi yang sangat sejuk.
Airnya sangat jernih karena memang langsung dari sumber murni seperti air mineral aqua. Sangat menyegarkan. Biasanya para pengunjung setelah berenang, melakukan mandi bilas di Sendang Lanang.
Selain kolam renang untuk orang dewasa, pemandian ini juga menyediakan kolam renang untuk anak-anak.  Juga terdapat beberapa jenis alat permainan yang bisa dipakai setiap pengunjung.
Di sendang ini banyak terdapat penjual makanan seperti bakso, mie ayam, rujak atau gorengan. Dan bila mau menyantap nasi ada depot yang menyediakan menu ayam panggang dengan cita rasa khas Bektiharjo. Pedas asin, rasanya khas Tuban!

Pemandian Bektiharjo, yang dikunjungi 100.000 orang pertahun ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang sangat rindang. Wajar kalau suasana di tempat ini menjadi sangat teduh dan sejuk. Terdapat beberapa jenis pohon antara lain pohon beringin, randu alas dan beberapa jenis pohon hutan yang dilindungi.
Selain itu, salah satu keunikan dari tempat ini adalah keberadaan kera yang jumlahnya tak terhitung seperti Wisata Sangeh di Bali. Kera-kera tersebut cukup familiar dengan pengunjung, berjalan lalu lalang untuk minta permen atau makanan lainnya.
Lokasi wisata mandi ini gampang dicari sebagaimana Gua Akbar. Dari Gua Akbar arah ke barat atau tanya ke tukang becak, polisi maupun masyarakat sekitar pasti akan ditunjukkan karena populernya tempat ini. Pemandian Bektiharjo bisa ditempuh dengan motor atau mobil sekitar 15 menit dari pusat kota.
Atau kalau naik bus turun di perempatan pabrik Kapur (kondektur bus selalu berteriak turun Kapur Kapur, red) naik Andong atau angkutan kota jurusan Beti. Tarifnya Ankot Rp 3000 per orang sementara andong sekitar Rp 50 ribu dengan penumpang maksimal 6 orang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Texts

Pages

Follow by Email

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes